Tuesday, September 23, 2014

Pesona Padang Rumput Sadengan




Keindahan alam Banyuwangi tentunya tak bisa terlepas dari keindahan dan kealamian Alas Purwo. Alas Purwo adalah Taman Nasional yang terletak di kecamatan Tegaldlimo dan kecamatan Purwoharjo, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Secera geografis terletak di ujung timur pulau jawa wilayah pantai selatan.
jika kita berkunjung ke sana kita bisa menikmati berbagai macam jenis keindahan alam yang sangat menakjubkan. Mulai dari pantai yang eksotis, penangkaran penyu, hutan yang masih perawan dan tentunya padang savana yang menjadi tempat berkumpulnya satwa-satwa yang ada di Taman Nasional Alas Purwo, tempat ini disebut dengan Padang Rumput Sadengan. Padang Rumput atau savana Sadengan adalah padang rumput dengan luas 80 hektar, dan merupakan padang rumput semi alami di Banyuwangi dan masuk dalam teritori Taman Nasional Alas Purwo. Disebut padang rumput semi alami karena keberadaan padang rumput ini tidak berlangsung secara alami, dimana terbentuk karena kerusakan hutan sehingga membentuk hamparan rumput yang luas.
Satwa yang hidup di padang rumput ini merupakan penggabungan antara Greezer atau satwa yang merumput di savana Sadengan, dan Browser atau yang makan tumbuhan di dalam hutan. Berbagai spesies bisa di temukan di padang ini seperti; Banteng (Bos javanicus), Rusa (Cervus timorensis), Ajag (Cuon alpinus), Kijang (Muntiacus muntjak), Babi Hutan (Sus scrofa), Macan Tutul (Panthera pardus).
Di Sadengan, yang berlokasi di kecamatan Tegaldlimo ini disediakan pos pemantauan satwa dengan sebuah gubuk dengan tiga lantai. Dari sini, wisatawan bisa melihat secara langsung satwa liar dari ketinggian. Juga, bagi wisatawan yang hendak meneliti hewan di Sadengan, telah disediakan penginapan khusus untuk peneliti. Lokasinya tepat berada dibelakang pos pemantauan.




No comments:

Post a Comment